Friday, September 01, 2006

BAYI Nyenyak ANDA Pun NYAMAN

Setelah seharian bekerja, bukan hal yang menyenangkan bila harus dibangunkan oleh tangisan sikecil di malam Buta. Selain tidak baik bagi Kualitas tidur Anda dan kebugaran esok harinya, bangun tengah malam juga tidak baik bagi Bayi. Bayi yang tidur cukup tanpa sering terbangun di tengah malam akan lebih bugar dan tidak gampang rewel.

Oleh sebab itu ada hal-hal yang perlu Anda Perhatikan sebelum bayi tertidur :

1. Berikan Makanan / Minuman yang Cukup
Banyak bayi atau sering terbangun dari tidur karena merasa belum kenyang. Karena itu, penuhi kebutuhan makan dan minum bayi sebelum tidur.
Yang perlu diperhatikan, ditinjau dari kesehatan gigi adalah kebiasaan memberikan susu dimalam hari sebaiknya dihentikan setelah gigi bayi muncul yaitu sekitar 6 bulan setelah masa ASI Ekslusif, Sebagai gantinya berikan air putih jika Ia memang haus atau tenangkan bayi agar kembali tidur.

2. Pemilihan Baju yang Tepat
Pilihlah baju untuk tidur yang nyaman. Sesuaikan ukurannya dengan bentuk badan bayi, jangan terlalu besar jangan juga terlalu kecil yang dapat membuatnya sesak. Pilih yang bahannya lembut karena baju tidur yang nyaman membantu bayi terlelap semalaman.


3. Bersihkan Badan
Tubuh lengket karena keringat dan kotor sehabis makan dan bermain gampang membuat byi gatal-gatal yang menggangu tidurnya. Sebaiknya seka tubuh bayi dengan waslap basah sebelum tidur. Kalau perlu sapukan kelipatan kulitnya dan oleskan minyak telon di perut dan punggungya.

4. Atur Kamar dan Ruangan
Atur suasana kamar sehingga nyaman untuk tidur. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu dan keadaan boxnya. Hindarkan juga suara bising yang membuatnya mudah terjaga. Jangan gunakan pewangi ruangan dan obat pengusir nyamuk yang bisa membuatnya sesak.Pakailah kelambu yang bisa melindungi bayi dari serangan nyamuk.


5. Buang Air Sebelum Tidur
Celana basah dan kotor bisa menggangu tidurnya. karena itu usahakan bayi membuang air sebelum tidur, tapi setidaknya bayi mengatur jam biologisnya. Kebutuhan nutrisi bayi 6 bulan keatas sebaiknya dipenuhi pada pagi hingga satu atau dua jam sebelum tidur mala.

Sumber : KalTim Post

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Share
My Photo
Name:
Location: Handil, Kal-Tim, Indonesia

Kenalkan Aku Nurhayati Dulu pertama kali ngeBLOG tahun 2006 Aku dikenal dgn nama "Bunda Radit", sekarang setelah Radit punya Adik rasanya gak adil deh kalau masih memakai nama tsb jadilah sekarang aku ganti dgn "NurhayATI " Ibu Radit dan Bagas ;-)

Blog Kami Juga
Jumlah Visitor
    Web Counter
Cari Artikel
KUMPULAN ARTIKEL BAYI
designed by Kriswantoro
© 2006